Penyebab Rumah Anda Terlihat Berantakan

Penyebab Rumah Terlihat berantakan

Entah kenapa jika dibandingkan antara rumah anda dengan rumah tetangga lainnya dalam kompleks, rumah Anda seakan paling berantakan dan tak juga rapi. anda pun kadang butuh waktu lama untuk membersihkan rumah Anda. Masalahnya belum tentu keengganan Anda yang menyebabkan rumah anda terlihat beantakan, bisa juga disebabkan oleh hal ini.

Menyimpan seluruhnya di kamar

Kamar seakan gudang, seluruh barang pribadi Anda simpan di dalamnya. Misalnya, tas, berkas kerja, peralatan hobi, dan lainnya. Ingat, kamar yang penuh dengan barang akan mengundang nyamuk untuk hinggap dan menatap di kamar Anda.

Semakin banyak barang di dalam kamar, Anda akan semakin malas untuk merapikannya. Simpanlah sesuai tempatnya, letakkan buku di rak atau ruang kerja Anda.

Simpan pakaian ke dalam lemari

Buat aturan, pakaian yang boleh digantung atau ada di luar lemari adalah pakaian yang akan segera digunakan kembali, bukan yang baru dipakai lebih dari satu hari kemudian.

Jika memang sudah digunakan dan ada sisa keringat, sebaiknya sedera cuci pakaian Anda—nyamuk menyukai pakaian yang beraroma keringat.

(Simak juga: Tips Menyusun Jadwal Membersihkan Rumah)

Tak ada ruang penyimpanan

Siapkan satu ruangan atau satu lemari khusus yang gunanya sebagai tempat penyimpanan, sehingga Anda tak membiarkan barang-barang yang tak digunakan berserakan di ruang keluarga.

Untuk sehari-hari, siapkan hanya 1-2 tas, dan 1-3 sepatu, sehingga Anda tak perlu membiarkan tas dan sepatu tergeletak tak rapi di kamar atau ruangan rumah Anda.

Singkirkan barang yang tak dibutuhkan

Tak perlu membiasakan terlalu sayang dengan barang terutama jika barang tersebut sudah usang tak lagi dapat digunakan. Barang di rumah pun butuh daur ulang.

Bila Anda sudah membeli yang baru, singkirkan yang lama. Bila barang lama tersebut sekiranya tak akan digunakan dalam sebulan ke depan, Anda memang harus benar-benar menyingkirkannya.

(Simak juga: Ini Pilihan Rumah di atas Rp1 Miliar)

Cicil membersihkan

Membiasakan membersihkan seluruh rumah dalam satu hari malah membuat Anda malas dan kelelahan. Cobalah cicil beberapa pekerjaan. Misalnya, Anda sudah menyapu dan mengepel rumah setiap dua hari, sehingga saat akhir pekan Anda tak harus menjalankannya.

Atau setiap sore, Anda sudah mengelap jendela, sehingga Anda tak harus mengorbankan Minggu pagi untuk melakukannya.

Posting Komentar

0 Komentar