Tips Konsumsi Kurma dan Air Putih Saat Puasa

Tips Kurma Saat Puasa

Badan sering lemas ketika puasa bulan Ramadan? Ternyata ada 4 tips sederhana yang bisa diterapkan untuk selalu segar, hanya berbekal kurma dan air. Seperti yang dirilis oleh huffingtonpost.com, Kamis (1/6/2017).

Makan kurma
Nour Zibdeh, seorang konsultan diet yang berasal dari Virgina, Amerika Serikat, mengemukakan bahwa makan kurma sangat baik untuk menjaga kesegaran pada bulan Ramadan. Sebab, kurma berfungsi sebagai bensin yang cepat mengisi tubuh ketika berbuka puasa. Kurma juga mengandung gula yang sederhana sehingga nutrisinya mudah diserap oleh tubuh yang sudah tidak mengonsumsi apa pun seharian penuh.

Bawa air botol saat malam hari
Salah satu kendala saat puasa adalah dehidrasi yang cepat karena tidak diperbolehkannya makan dan minum di siang hari. Oleh karena itu, membawa botol air pada malam hari menjadi penting untuk mengisi kembali cairan dalam tubuh. Sehingga, tubuh tetap segar untuk menjalankan puasa berikutnya.

Atur konsumsi air putih
Kebiasaan yang sering terjadi adalah banyak meminum air pada waktu sahur. Padahal, ketika diminum bersamaan, air akan berubah menjadi media untuk mengeluarkan kotoran dalam tubuh. Akibatnya air tidak akan tersimpan dalam tubuh, sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu, atur waktu untuk mengonsumsi air putih agar selalu segar.

Perhatikan makanan yang masuk
Selain kurma dan air putih, perhatikan juga makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan mengonsumsi makanan yang memiliki protein, lemak baik, dan banyak sayuran ketika sahur serta berbuka puasa. Bila sayuran semakin berwarna, maka nutrisi yang didapatkan akan semakin baik di sepanjang bulan Ramadan.

Posting Komentar

0 Komentar