Wallpaper Dinding, Kenapa Tidak?

Wallpaper Dinding Kamar Kost

Penggunaan wallpaper dinding yang saat ini sering digunakan oleh orang banyak merupakan pengganti dari cat dinding biasa. Tapi bagi sebagian besar orang, wallpaper adalah hal yang baru dan banyak timbul pertanyaan mengenai hal ini. Ada beberapa hal yang dijadikan sebagai pertimbangan untuk membuat orang-orang lebih memilih untuk menggunakan wallpaper dibanding dengan cat dinding biasa. Selain itu, ada beberapa tips untuk menentukan wallpaper yang tepat jika Anda ingin memasang wallpaper di dalam rumah Anda.

Kelebihan Menggunakan Wallpaper

1.    Murah dan Tahan Lama
Menggunakan wallpaper tentu akan memiliki jangka yang lebih panjang dibandingkan dengan menggunakan cat tembok yang akan jauh lebih mudah terkelupas dan juga mudah pudar. Dengan memasang wallpaper tentu tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk biaya perawatan dan pengecatan ulang dinding. Daya tahan wallpaper sekitar lima sampai sepuluh tahun. Sedangkan untuk cat dinding biasanya hanya 3-4 tahun saja.

Jika Anda memiliki anak yang berusia masih kecil di rumah, menggunakan wallpaper adalah sebuah pilihan yang tepat karena sebagian besar wallpaper mempunyai bahan yang lebih mudah dibersihkan. Karena dikhawatirkan jika anak-anak bermain dan mengotori tembok rumah Anda.

2.    Lebih Mudah dan Cepat
Tentunya Anda tidak perlu melakukan pengecatan yang berkali-kali. Seperti mengecat lapisan dasar, menunggunya kering, mengecat tembok dengan cat berwarna, lalu melakukan pelapisan sekali lagi untuk mendapatkan hasil yang optimal sehingga bisa saja Anda menghabiskan waktu lebih dari satu hari. Jika menggunakan wallpaper, Anda hanya perlu satu kali saja pemasangan dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahkan mungkin saja hanya memerlukan satu hari untuk memasangnya.

3.    Motif yang Banyak
Dengan banyaknya pilihan motif, menjadikannya sebagai alasan kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan wallpaper dibanding cat tembok. Meski cat tembok juga bisa dikreasikan sedemikian rupa sehingga tidak monoton, tentu wallpaper akan lebih praktis. Hal ini juga sekaligus menjadi dekorasi interior tembok rumah Anda. Karena banyaknya pilihan motif, Anda bisa menyesuaikan dengan atmosfer seperti apa yang ingin dibentuk dalam rumah.

Memilih Wallpaper yang Tepat

1.    Fungsi Ruangan
Pertama-tama, Anda harus menentukan fungsi dari ruangan itu sendiri. Kebanyakan orang memilih pola yang sederhana dan warna yang tenang pada kamar tidur. Namun menggunakan warna yang hangat dan ceria di dapur, ruang keluarga dan tempat lain yang energinya lebih terasa hidup. Anda tentu memilih jenis wallpaper yang lebih mudah dihapus untuk kamar Anda. Selain itu, bahan vinyl sangat cocok di tempat yang memiliki kadar kelembapan yang tinggi seperti dapur dan kamar mandi sehingga mudah dibersihkan dan lebih tahan terhadap jamur.

2.    Ukuran Ruangan
Anda harus cerdas dalam memilih motif yang tepat, sesuaikanlah dengan ruangan itu sendiri. Ada beberapa yang cocok di ruangan yang lebih besar, begitu juga sebaliknya. Motif yang lebih rumit dan berukuran besar tentu akan jauh lebih baik jika ditempatkan di ruang yang berukuran lebih besar. Karena jika yang dilakukan sebaliknya, maka ruangan akan terlihat lebih sempit. Selain itu, pola yang berupa garis-garis panjang dan vertikal tentu akan terlihat lebih bagus jika digunakan di ruangan yang memiliki langit-langit yang tinggi. Lebih cermatlah saat memilih pola motif wallpaper yang akan digunakan.

3.    Pencahayaan Ruangan
Perhatikan, apakah ruangan tersebut mendapatkan pencahayaan yang baik atau tidak. Jika Anda memang menginginkan suasana yang redup pada ruangan yang tidak mendapatkan pencahayaan yang cukup, pilihlah wallpaper dengan warna yang lebih gelap. Namun jika Anda ingin membuat ruangan terlihat lebih cerah meski pencahayaannya yang kurang, tentu Anda harus memilih wallpaper yang berwarna cerah.

Posting Komentar

0 Komentar