Perhatikan Hal Ini Sebelum Melakukan Pinjaman Dana

Pinjaman Dana



Berhutang merupakan salah satu hal yang tabu. Ketika kebutuhan mendesak dan dana terbatas maka pinjaman dana merupakan salah satu solusi terbaik yang paling sering dilakukan. Terlebih lagi saat ini akses melakukan pinjaman terbilang cukup mudah. Hal ini tentu membuat Anda harus semakin jeli. Sebelum melakukan pengajuan pinjaman, pastikan untuk memperhatikan hal berikut. 

Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya
Hal paling penting yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan untuk melakukan pengajuan pinjaman adalah mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya terkait lembaga keuangan yang Anda pilih. Pasalnya berhutang akan membuat Anda berurusan dengan pihak lembaga keuangan dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadi poin yang satu ini penting untuk dipertimbangkan.

Tak hanya itu saja, dengan mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya terkiat lembaga keuangan yang Anda pilih, hal ini akan menjauhkan Anda dari berbagai prasangka buruk. Pasalnya hal paling utama yang perlu Anda tanamkan ketika hendak melakukan pengajuan pinjaman dana adalah kepercayaan terhadap lembaga keuangan itu sendiri.

Perhatikan Bunga Pinjaman yang Diberikan
Setiap lembaga keuangan tentunya akan menetapkan suku bunga pinjaman. Terlebih lagi suku bunga yang ditetapkan oleh lembaga yang satu dengan lembaga yang lainnya cenderung berbeda-beda. Jadi sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan poin ini. Pastikan bahwa suku bunga yang diberikan tidak memberatkan dan sesuai dengan kemampuan dan kondisi keuangan Anda.

Pada umumnya suku bunga pinjaman terbagi menjadi 2 yakni variable rate dan fixed rate. Fixed rate merupakan suku bunga tetap yang tidak berubah sesuai dengan ketetapan awal yang sudah disepakati. Sedangkan variable rate merupakan suku bunga yang berubah-ubah. Jadi Anda hanya perlu memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda.

Jangka Waktu Pinjaman yang Diberikan
Pada umumnya jangka waktu pinjaman atau yang lebih sering dikenal dengan tenor terbagi menjadi 3 yakni jangka pajang, jangka menengah, dan jangka pendek. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah semakin panjang jangka waktu yang Anda pilih maka semakin besar pula biaya yang harus Anda bayarkan.

Untuk itu pastikan bahwa masa tenor yang Anda pilih memang paling sesuai dengan kebutuhan dna kemampuan bayar Anda. Jangan sampai semakin besar biaya yang harus Anda bayarkan justru akan membuat Anda terbebani dengan besarnya cicilan per bulannya. Itulah beberapa alasan mengapa masa tenor merupakan salah satu poin penting yang perlu Anda perhatikan.

Masa tenor pinjaman tersebut bisa Anda tanyakan sendiri kepada lembaga keuangan yang Anda pilih sebelum menekan perjanjian kredit. Selain itu, pastikan Anda mengetahui lagi alasan mengapa Anda harus berhutang. Jika untuk sesuatu yang lampau dan besar, maka ajukan pinjaman jangka pendek. Hal ini bertujuan agar Anda tidak berurusan dengan pihak bank terlalu lama.

Proses Pencairan Dana Pinjaman
Sebelum memutuskan untuk melakukan pengajuan pinjaman, pastikan lembaga keuangan yang Anda pilih tidak memiliki prosedur yang rumit dan berbelit-belit dalam proses pencairan dana. Hal ini bertujuan agar Anda bisa langsung menggunakan uang tersebut. Jika prosedurnya cenderung bertele-tele, maka sebaiknya Anda memilih lembaga keuangan yang lain.

Biaya Tambahan yang Harus Dibayarkan
Salah satu hal yang paling sering diabaikan ketika melakukan pengajuan pinjaman adalah biaya tambahan yang harus dibayarkan. Pasalnya sebagian orang hanya berfokus pada berapa besarnya cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Hal ini membuat mereka tak sadar dan tidak memperhatikan biaya tambahan yang sebenarnya juga cukup penting untuk diperhatikan.

Contoh beberapa biaya tambahan yang perlu Anda perhatikan adalah biaya administrasi, biaya denda jika terjadi tunggakan, biaya aktivasi, dan berbagai biaya tambahan lainnya. Pasalnya ada kemungkinan jika suatu saat nanti Anda akan terlambat melakukan pembayaran. Jadi pastikan Anda untuk memperhitungkan dan mempertimbangkan poin yang satu ini ya.

Pastikan Anda Merasa Nyaman
Rasa nyaman merupakan salah satu poin penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika hendak melalukan pengajuan pinjaman. Pastikan bahwa tidak ada hal apapun yang mengganjal di hati. Pastikan juga bahwa syarat dan ketentuannya jelas. Lebih bijaklah dalam berhutang.

Jika memang hal tersebut bukanlah sesuatu yang sangat Anda butuhkan, maka sebaiknya tunda dulu keinginan Anda. Sebab Anda bisa menabung terlebih dahulu agar uang dapat terkumpul dan Anda tak perlu berhutang. Jadi pastikan untuk tidak terburu-buru mengambil keputusan yang berhubungan dengan uang.

Jangan Membayar Lewat Tanggal Jatuh Tempo
Jangan pernah lupa mengenai kapan tanggal jatuh tempo pembayaran pinjaman Anda. Pasalnya batas akhir pembayaran hutang adalah tanggal jatuh tempo. Untuk itu pastikan Anda membayar cicilan sebelum tanggal jauh tempo tiba. Terlebih lagi terkadang ada juga denda tambahan yang diberikan akibat keterlambatan membayar cicilan per bulannya.

Ingat Jumlah Dana yang Dipinjam
Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mengingat jumlah pinjaman dana yang Anda ajukan atau berapa besarnya cicilan yang harus Anda bayarkan. Jika perlu pastikan untuk mencatat di buku catatan khusus atau lembar sticky note dan tempel pada dinding agar Anda tidak lupa.

Pastikan Anda memperhatikan dan mempertimbangkan hal di atas agar proses pengajuan pinjaman dapat lebih nyaman. Ingin melakukan pengajuan pinjaman yang aman dengan prosedur yang mudah? Kalian bisa cek di https://www.cekaja.com/kredit/ sekarang juga.

Posting Komentar

1 Komentar