Ini Alasan Kenapa Cuci AC Harus Rutin Dilakukan

Seperti diketahui peralatan elektronik merupakan barang yang rentan rusak, terutama jika digunakan terus menerus tanpa pernah di service atau diperbaiki. Tak terkecuali Air Conditioner (AC). Perawatan jelas dibutuhkan untuk menjaganya agar tetap bekerja dengan baik. Dan dari beberapa tips merawat AC yang ada, menjaga kebersihan AC adalah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Setidaknya cuci AC mutlak harus dilakukan minimal 3 bulan sekali.

Cuci Ac


AC memang merupakan benda yang memiliki peranan penting baik dirumah atau kantor-kantor. Selain berguna untuk menyejukkan udara, AC juga memiliki fitur pembersih udara yang bisa memfilter kotoran dan juga debu.

Untuk melakukan service atau hanya untuk sekedar membersihkan AC sebaiknya dilakukan oleh ahlinya karena alat elektronik ini termasuk rentan rusak jika dikerjakan bukan oleh ahlinya. 

Ada banyak manfaat bila AC yang digunakan diruangan bisa berjalan sebagaimana mestinya, seperti menjaga suhu ruangan menjadi lebih sejuk sampai dengan menyaring udara sehingga udara yang dihirup jadi lebih bersih, ini secara tidak langsung juga membuat orang menjadi lebih sehat.

Untuk itu AC juga harus disservice dan minimal harus dibersihan secara rutin, selain itu ada beberapa alasan lain yang membuat kebersihan AC harus dijaga, seperti:

1.    Menjaga performanya
AC yang dibersihkan secara rutin relatif lebih awet dibandingkan dengan yang tidak. Mesin tidak akan terlalu terbebani dengan debu yang menumpuk. Performa AC juga menjadi lebih optimal. Dengan membersihkannya secara rutin, Anda bisa mengetahui tanda-tanda awal kerusakan sebelum kerusakan tersebut menjadi lebih parah. Tentu saja, ini bisa menghemat biaya perbaikan yang bisa saja lebih tinggi jika penanganan tak segera dilakukan.

2.    Membersihkan dan memperlancar sirkulasi udara
Pendingin ruangan seperti AC bekerja dengan cara menghisap udara di dalam ruangan dan mengeluarkannya kembali dalam kondisi lebih bersih. Ada proses penyaringan di dalam AC. Debu yang masuk ke dalam AC akan disaring menggunakan filter. Jadi bisa dibayangkan bagaimana jika debu pada bagian filter ini sudah menumpuk. Bisa dipastikan, sirkulasi udara di dalamnya akan terhambat dan memaksa AC bekerja lebih keras. Itulah kenapa membersihkan filter selalu menjadi bagian penting dalam tips merawat AC.

3.    Mengembalikan performa jika sudah rusak
Semakin lama digunakan, performa AC cenderung mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya adalah penumpukan debu dan kotoran pada bagian filter. Namun saat AC rutin dibersihkan, performa ini akan terjaga. Jika sebelumnya performa AC tak lagi maksimal, membersihkan bagian filter akan mengembalikan performanya dan membuatnya bekerja lebih optimal.

Meskipun terdengar sepela sebenarnya menservice walaupun hanya sekedar cuci AC mempunyai banyak manfaat bahkan bisa menjadi salah satu upaya penghematan listrik yang mujarab. Pasalnya jika AC bersih dari kotoran maka usaha yang dilakukan mesin AC untuk menyaring udara diruangan jadi lebih ringan ini juga berimbas pada penggunaan aliran listrik yang lebih sedikit pula.

Unit AC yang dirawat dengan baik juga dapat mengurangi kebutuhan Anda akan perbaikan, yang tentu saja bisa dengan cepat menjadi mahal kalau disepelekan. Mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan unit Anda berfungsi dengan benar dapat menghemat keuangan Anda. Selain itu, jika Anda tidak merawat unit AC Anda dengan benar, Anda mungkin perlu menggantinya lebih awal. Perawatan yang tepat dapat memperpanjang umur sistem AC Anda dan memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan AC.

Posting Komentar

0 Komentar