WC Mampet, Ini Cara Mengatasinya Tanpa Harus Disedot

Apa yang lakukan tatkala WC mampet ? Langsung memanggil petugas untuk menyedot WC? Memang, keadaan ini sangat menjengkelkan karena akan menghambat aktivitas penghuni rumah ketika ingin menggunakan WC. Namun, sebenarnya Anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus panggil petugas. Ini dia cara mudahnya!

WC Mampet
 
1. Sabun Cuci Piring dan Air Panas
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi WC yang mampet adalah dengan menggunakan kombinasi sabun cuci piring dan air panas. Untuk menerapkannya, Anda hanya perlu menyediakan satu cangkir sabun cuci piring cair, air panas secukupnya dan handuk. Letakkanlah handuk di sekitar lantai WC untuk melindungi dari tumpahan air WC.
Kemudian, masukkan sabun cuci piring ke dalam WC dan diamkan hingga sabun mengendap. Cara ini bertujuan untuk melicinkan pipa saluran WC supaya benda yang menyumbat mampu mengalir ke dalam septic tank. Setelah mengendap, tuangkan air panas sebanyak mungkin dan diamkan selama dua puluh menit.

Jika sudah, flush WC untuk mengecek apakah masih tersumbat atau tidak. Bila WC Anda masih mengalami masalah, Anda bisa menerapkan cara ini lagi untuk mengatasinya hingga WC bisa kembali beroperasi.

2. Baking Soda dan Cuka
Kombinasi baking soda dan cuka juga mampu dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai hal, termasuk mengatasi WC yang tersumbat. Cara menggunakannya mudah saja, tinggal tebarkan satu cangkir baking soda ke permukaan air WC. Tunggu hingga mengendap. Sesudah itu, tuangkan dua cangkir cuka dengan gerakan memutar.

Tujuannya adalah supaya cuka tersebar merata. Nantinya, akan timbul gelembung dari WC. Biarkan saja, itu adalah tanda baking soda dan cuka ini sedang bekerja mengatasi WC mampet. Setelah satu jam, flush WC. Apabila masih tersumbat, Anda bisa menggunakan cara ini lagi dan diamkan dalam waktu semalaman.

3. Menggunakan Plastik Pembungkus Makanan
Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi WC yang mampet adalah dengan menggunakan plastik pembungkus makanan. Plastik ini kerap ditemukan di supermarket untuk membungkus buah potong. Cara menggunakannya cukup mudah. Anda hanya perlu tutupi  tempat duduk WC dengan plastik dan pastikan ia benar-benar menempel dan tak ada celah.

Jika sudah, tekan tombol flush. Plastik akan mengemban. Biarkan saja. Anda hanya harus menekan tombol flush berulang-ulang. Tujuannya adalah untuk menekan balik udara ke dalam WC sehingga udaranya bisa mendorong benda yang menyumbat WC. Biasanya, tak lama setelah itu WC akan kembali lancar.

4. Menggunakan Hanger
Hanger atau gantungan baju juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi WC yang mampet. Namun, cara ini hanya bisa digunakan bila benda yang membuat WC jadi mampet berada tak terlalu jauh dari corong WC. Bila jauh, Anda tak bisa menggunakan cara yang satu ini. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu memotong kawat gantungan baju saja.

Luruskan potongan kawat tersebut dan pada bagian ujung kawat yang tajam, bungkus dengan kain perca dan selotip. Hal ini bertujuan agar WC tidak rusak. Setelah itu, Anda bisa memasukkan ujung lancip ke dalam pipa WC. Tujuannya adalah untuk mendorong benda yang menghalangi aliran air agar masuk ke dalam septic tank.

Nah, itulah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi WC mampet. WC yang mampet memang jadi masalah besar untuk penghuni rumah. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak membuang sampah ke dalam WC sebab itulah yang jadi penyebab mampet. Meskipun benda itu hanya tisu, tetap jangan!

Posting Komentar

0 Komentar