Beli Mobil Baru? Jangan Lupa Pakai Asuransi Mobil

Asuransi Mobil

Saat membeli mobil baru, salah satu yang tak boleh luput dari perhatian adalah mengamankannya dengan membeli asuransi mobil. Pasalnya mobil merupakan aset kesayangan bagi sebagian orang, apalagi mobil yang dimiliki adalah mobil impian mereka.
Namun sayangnya masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum menyadari atau masih belum mau menggunakan asuransi untuk mobilnya dengan berbagai alasan, salah satu alasan yang paling banyak dikeluhkan adalah susahnya memilih asuransi mobil yang tepat.

Jika Anda sedang bingung untuk memilih asuransi yang cocok, silakan simak beberapa tips berikut yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

1.    Pertimbangkan rekomendasi asuransi yang diberikan diler
Biasanya, diler akan memberikan rekomendasi perusahaan asuransi yang cukup bagus dan terpercaya pada saat Anda sedang mengajukan kepemilikan mobil. Namun, rekomendasi tersebut tidak harus diikuti, hanya sebagai saran yang mungkin dapat Anda pertimbangkan. Jika ada perusahaan asuransi yang menurut Anda lebih baik, Anda bisa menggunakan perusahaan asuransi tersebut. Apalagi Anda sudah sering bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut, tingkat kepercayaan Anda dengan perusahaan tersebut tentunya sudah lebih baik.

2.    Sesuaikan dengan kemampuan
ekarang ini, banyak perusahaan asuransi yang cukup baik dan sering membuat galau untuk memilihnya. Lalu, bagaimana untuk mengatasi hal tersebut? Lebih baik, pilih asuransi yang memang terpercaya dan sesuai dengan kemampuan Anda dalam membeli polis, jangan memaksakan diri untuk membeli polis yang di luar kemampuan Anda.

3.    Jangan terburu-buru memilihnya
Setelah mendapatkan saran dari teman atau keluarga, ada baiknya Anda mencari informasi dari perusahaan asuransi yang sudah disarankan tersebut. Jangan terburu-buru untuk langsung menentukan pilihan, pertimbangkan beberapa hal seperti kredibilitas perusahaan, prosedur klaim, bengkel rekanan, rasio keluhan, fitur layanan, dan lain-lain.

4.    Pilih produk dan jenis yang tepat
Setelah mendapatkan perusahaan asuransi yang cocok, saatnya memilih produk asuransi terbaik dan tepat bagi kendaraan Anda. Biasanya, terdapat dua jenis asuransi kendaraan yang bisa dipilih, yaitu asuransi all risk dan total loss only (TLO). Asuransi all risk adalah asuransi yang akan menjamin seluruh resiko yang mungkin terjadi pada mobil Anda. Tetapi, ada pengecualian dalam polis asuransi ini yang harus Anda pahami sebaik-baiknya agar tidak menjadi kerugian bagi Anda. Sedangkan TLO adalah jenis asuransi yang hanya menjamin kerusakan kendaraan di atas 75% saja. Jadi, kerusakan atau kecelakaan kecil yang tingkat kerusakannya di bawah 75% tidak dapat diklaim.

Jadi, gali informasi sebanyak-banyaknya dengan detail untuk menentukan produk asuransi yang memang bermanfaat banyak bagi mobil Anda.

5.    Lengkapi Dokumen
Biasanya, persyaratan yang diberikan perusahaan asuransi relatif sama, namun tidak jarang ada sedikit yang berbeda. Persyaratan yang biasanya harus dipenuhi biasanya adalah mengisi formulir asuransi, salinan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), salinan kartu identitas (KTP), Surat Ijin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Ijin Tinggal Tetap (KITAP) bagi warga negara asing. Setelah seluruh berkas sudah dipenuhi, petugas perusahaan asuransi tersebut akan melakukan survei pada kendaraan Anda. Hasil survei tersebut akan dimasukkan ke dalam laporan. Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah pembuatan polis dan pembayaran premi.

Memang disayangkan masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan asuransi baik untuk kendaraan bermotor atau untuk keperluan lainnya. Selain itu banyak masyarakat yang enggan menggunakan asuransi karena susah untuk mencari informasi atau tidak punya waktu untuk datang kekantor penyedia jasa asuransi tersbut. Namun tenang saja sekarang ini sudah ada penyedia jasa asuransi online yang mempunyai rekam jejak yang bagus karena sudah berpengaaman bertahun-tahun.

PT Asuransi Parolamas (Parolamas) sudah lama dikenal sebagai perusahaan penyedia jasa asuransi. Di era teknologi digital, mereka mengeluarkan sebuah layanan baru, Simplr, untuk memudahkan masyarakat mengakses produk-produknya.

Saat ini ada tiga produk Parolamas yang ditawarkan melalui Simplr, yakni asuransi Gaya Hidup (melindungi gaya hidup saat tertimpa kecelakaan yang menyebabkan kematian/cacat maupun pemutusan hubungan kerja karena bangkrutnya perusahaan menurut hukum), asuransi Dana Sehat (memberikan santunan tambahan untuk bisa mengakses layanan yang lebih layak atau untuk melengkapi BPJS maupun asuransi dari tempat kerja), dan asuransi kendaraan bermotor (melindungi aset transportasi mobil dari kehilangan maupun kerusakan menyeluruh).

Posting Komentar

0 Komentar