Staf Akademik Wajib Tahu ! Yuk Intip Standar SOP Pelayanan Terbaik

Staf Akademik

SOP atau Standard Operational Prosedur adalah sebuah peraturan, atau pedoman yang wajib dimiliki oleh seluruh organisasi. Dalam instansi pendidikan pun membutuhkan adanya SOP, agar seluruh pekerjaan dalam menjadi lebih mudah. Bagi staff akademik di universitas, tentu pekerjaan yang dilakukan tidak jauh dari nilai akademik mahasiswa. Nilai yang bersifat krusial tersebut, membutuhkan pengelolaan yang baik dan teliti. Lalu apa itu SOP untuk staf akademik di Universitas ? 
 

Pedoman Tugas untuk Staf Akademik Universitas

1. Registrasi Akademik
Sebagai seseorang yang bertugas dalam staf akademik di instansi pendidikan sebuah universitas, tentu mereka bertugas untuk mengurus nilai setiap mahasiswa. Namun nilai tersebut tentu tidak akan muncul, apabila mahasiswa tidak terdaftar atau belum melakukan registrasi kedalam website akademik. 
 
Oleh karena itu seorang staf akademik pun harus memastikan bahwa seluruh mahasiswa yang menimba ilmu dalam universitas tersebut telah terdaftar. Ketika penerimaan mahasiswa baru, seorang staf akademik harus mendaftarkan atau melakukan registrasi pada setiap daftar  mahasiswa baru tanpa ada yang telewatkan. 
 
2. Membuat Kalender Akademik dan Surat Pemberitahuan Perkuliahan
Sepenting apa itu SOP pembuatan kalender Akademik ? bagi seorang mahasiswa, kalender akademik ini sangatlah penting. Dengan melihat kalender akademik, maka mahasiswa dapat dengan mudah untuk merancang perkuliahan yang akan diambil. Dengan kalender akademik pun mahasiswa dapat mengetahui waktu yang harus ditempuh untuk menyelesaikan satu semesternya. 
 
Sama seperti kalender akademik, surat pemberitahuan perkuliahan pun menjadi hal yang sangat penting bagi mahasiswa. Dalam surat pemberitahuan perkuliahan, terdapat beberapa jadwal mulai dari pengambilan mata kuliah hingga kapan perkuliahan tersebut akan berakhir. Umumnya, pengambilan mata kuliah adalah hal yang sangat genting bagi mahasiswa. Oleh karena itu sebagai seorang staf akademik, wajib mengeluarkan surat perkuliahan tersebut tepat pada waktunya. 
 
3. Melaksanakan Target yang Telah Ditetapkan Oleh Pimpinan
Target yang dimaksud disini adalah penyerahan berkas kepada pimpinan, berkas tersebut merupakan berkas mahasiswa yang membutuhkan tanda tangan maupun berkas yang ingin diberikan kepada pimpinan. Dalam sebuah universitas, tentu mahasiswa yang mengemban ilmu di tempat tersebut tidaklah sedikit. 
 
Jika seorang staf akademik memberikan berkas mahasiswa kepada pemimpin secara satu persatu, maka baik staf maupun pemimpin pun akan kewalahan. Oleh karena itu umumnya akan diberlakukan jumlah berkas minimal yang membutuhkan tanda tangan atau paraf dari pimpinan. 
 
4. Memeriksa Perbaikan KRS Setiap Mahasiswa
Ketika seorang mahasiswa ingin mengambil sebuah perkuliahan, maka mahassiwa tesebut akan memasukannya pada KRS atau Kartu Rencana Studi. Apa itu SOP  pemeriksaan perbaikan KRS ? Ketika seorang mahasiswa telah memasukkan sebuah mata kuliah dalam daftar KRSnya, maka mata kuliah tersebut akan menjadi kelas yang harus diikuti oleh mahasiswa. 
 
Namun terkadang kesalahan bisa saja terjadi, mungkin mahasiswa salah mengambil kelas atau sebelumnya telah mengambil mata kuliah tersebut. Ketika pendaftaran KRS masih dibuka, mahasiswa bisa saja mengedit dan menghapusnya. Tetapi ketika pendaftaran KRS telat ditutup, maka mahasiswa tersebut harus mengkonfirmasinya kepada staf akademik, yang selanjutnya akan dilaporkan kepada pemimpin untuk disetujui. 
 
5. Memproses Nilai Mahasiswa Baru dan Lama
Apa itu SOP Proses nilai mahasiswa ? Ketika seorang mahasiswa memiliki masalah tentang nilai mereka, mahasiswa pasti akan menemui staf akademik. Seorang staf akademik harus memiliki rekapan atau data seluruh nilai dari semua mahasiswa pada jurusan dimana ia bekerja. Hal ini karena apabila staf akademik lupa untuk memperbarui nilai seorang mahasiswa, maka hal tersebut dapat merugikan masa depan dari mahasiswa. 
 
Dalam instansi pendidikan, seorang staf akademik adalah seseorang yang sangat penting. Hal ini dikarenakan, staf akademik adalah tempat seluruh data nilai siswa akan disimpan. Data nilai yang tersimpan pada staf akademik tentu tidaklah sedikit, maka diperlukan pengaturan yang baik dan rapi agar tidak merugikan siapapun. 

Posting Komentar

0 Komentar