Aksesoris Pemain Basket Ini Juga Punya Fungsi Lain


Headband Nike
Bagi penggemar basket pasti sering melihat para pemain top dunia memakai berbagai macam aksesoris dibadannya saat bertanding, mulai dari Headband Nike sampai dengan Shooting Arm Sleeve.

Bagi yang belum tahu sebenarnya perlengkapan bermain olahraga bola basket tidak hanya tentang sepatu basket dan jersey saja, namun ada beberapa aksesoris basket yang ternyata juga memiliki fungsi penting dalam memberikan performa terbaik bagi para pemainnya. Tidak hanya soal gaya saja.

Bahkan berdasarkanpenelitian dari American Journal of Medicine (1987) dan Journal Sports Science diungkapkan bahwa pemakaian sleeve dalam olahraga dapat meningkatkan performa seorang atlet dan juga dapat mengurangi nyeri selama masa penyembuhan.

Selain itu, penggunaan aksesori pasca cedera bisa juga dikategorikan sebagai efek placebo. Placebo adalah sebuah istilah medis yang berarti sebuah upaya pengobatan dengan cara memberikan sugesti positif kepada pasien agar rasa sakit yang diderita pasien berkurang.

Penggunaan aksesoris oleh pemain professional sebenarnya sudah dilakukan sejak dulu, namun penggunaannya meningkat saat Allen Iverson mulai mengenakannya dengan tujuan pencegahan pasca cedera, karena sebelumnya Iverson pernah mengalami cedera di bagian siku pada tahun 2000 silam.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas satu-persatu manfaat dari beberapa aksesoris yang biasa dipakai oleh pemain basket, mulai dari :

1.    Headband
Umumnya, headband juga dikenal sebagai pengikat kepala. Kegunaannya untuk menahan luka di kepala saat mengalami cedera parah di lapangan. Misalnya nih, kepala terbentur lantai dan timbul cedera. Nggak hanya abas aja lho yang memakai headband, atlet dari olahraga lain kerap menggunakan headband sebagai pelindung kepala.

2.    Arm Sleeveless
Dipopulerkan pertama kali oleh Allen Iverson. Fungsinya sebagai alat bantu cedera, dan dapat mempengaruhi gerakan shooting. Kok bisa? Sebab sleeve bisa menjaga kehangatan otot, memncegah terjadinya luka robek. Saat ini, banyak brand yang memproduksi sleeve yang lebih stylish.

3.    Leg Sleeveless
Fyi, penggunaan leg sleeves sebenarnya penting banget buat abas yang sedang bermain di lapangan. Dengan memakai leg sleeves, ketahanan kaki akan tetap terjaga. Terutama lutut, sebab selain berlali abas juga sering melakukan limpatan untuk merebut bola atas ataupun jump shoot.

4.    Mouthguard
Mouthguard atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan pelindung gigi tidak hanya dipakai pada olahraga tinju, di banyak jenis olahraga lain alat ini juga digunakan, termasuk olahraga bola basket.  Fungsi dari mouthguard adalah melindungi gigi saat terjadi benturan antar pemain.

5.    Grip powder
Ini adalah semacam bubuk kapur yang berfungsi untuk mengeraskan telapak tangan, sehingga para pemain dapat bermain lebih leluasa dan tidak licin saat memegang bola ketika keringat membasahi telapak tangan mereka.

6.    Kacamata
Aksesoris basket kacamata sudah digunakan sejak lama, jauh sebelum era LeBron James atau Stephen Curry di NBA. Legenda Los Angeles Lakers, Kareem Abdul Jabar sudah menggunakannya. Beberapa pemain lainnya yang menggunakan kacamata saat bermain basket adalah Horace Grant dan Amare Stoudemire. Fungsi kacamata adalah untuk memperjelas padangan para pemain yang memiliki kekurangan dalam penglihatan, khususnya bagi mereka yang tidak ingin menggunakan kontak lens.

Itulah beberapa manfaat dari beberapa jenis aksesoris yang biasa dipakai oleh pemain basket tot dunia. Dan kesemua aksesoris ini bisa kamu beli disitus e-commerce terbesar dan terpercaya Blibli.com dengan harga yang murah dan kualitas yang tidak abal-abal.

Posting Komentar

0 Komentar