Tanya Dokter Pada Anak: Tips Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak pada Periode Emasnya

Dokter Anak

Memantau tumbuh kembang anak menjadi salah satu kewajiban para orang tua. Karena orang tua nantinya yang bisa mengarahkan agar anak bisa memperoleh berbagai kebutuhan yang bisa menunjang tumbuh kembangnya bisa sempurna. Sebelum anak memasuki usia 17 tahun, bisa dikatakan bahwa anak masih dalam masa tumbuh kembang. Sehingga tugas orang tau untuk memantau tumbuh kembang anak ini bisa dikatakan tidak sebentar. Banyak beberapa kasus seringkali menjumpai anak yang malas sekali untuk diminta makan. Padahal makanan diperlukan oleh anak agar bisa tumbuh kembang sekaligus juga sebagai energi untuk menunjang aktivitasnya. Orang tua perlu melakukan berbagai upaya untuk mengatasi permasalahan ini, dengan tidak lupa juga bisa tanya dokter pada anak dengan kondisi demikian.
 
Pada periode emas , tepatnya ketika anak berusia 0-3 tahun tumbuh kembangnya berjalan dengan lebih cepat. Umumnya pada usia-usia tersebut anak akan melakukan proses pembentukan diri, baik itu secara fisik maupun emosional. Agar tumbuh kembang pada periode emas ini bisa berjalan baik, tentunya peran orang tua sangatlah dibutuhkan. Selain pembentukan diri, pada periode ini anak juga akan mengalami perkembangan otak yang lebih cepat dibandingkan dengan periode lain dalam hidupnya. Sehingga orang tua perlu memberikan stimulasi positif pada anak secara rutin.
 
Untuk menunjang tumbuh kembang anak, memberikan kebutuhan gizi dan nutrisi yang cukup bagi anak menjadi salah satu bagian yang penting. Namun ada faktor lain yang juga perlu diperhatikan orang tua agar tumbuh kembang anak lebih optimal sesuai dengan usianya, antara lain:

1.    Memperhatikan lingkungan tempat anak bertumbuh kembang.
Lingkungan yang baik tentunya akan membuat anak memiliki hubungan yang positif dengan orang-orang sekitarnya. Hal ini penting dilakukan, terutama pada periode emasnya. Namun ada baiknya hubungan yang positif ini dimulai dari orang tua atau keluarga terlebih dahulu agar tumbuh kembang anak berjalan dengan baik.

2.    Lakukan permainan yang menyenangkan.
Di awal pertumbuhannya, sebaiknya pembelajaran yang diberikan kepada anak disesuaikan dengan usianya agar bisa menerima informasi dengan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah mengajak anak belajar sambil bermain. Melakukan hal-hal yang menyenangkan akan lebih mudah diterima oleh anak.

3.    Luangkan waktu bersama dengan anak.
Bagi orang tua, penting untuk meluangkan waktu untuk sekedar berinteraksi dengan anak. Interaksi yang baik akan membantu anak dalam bersosialisasi, berkomunikasi, dan memecahkan masalah. Hal ini juga sangat berguna untuk mendekatkan hubungan orang tua dengan anak. Dengan begitu, orang tau juga lebih mudah menemukan perubahan atau gejala jika sesuatu terjadi pada sang anak.

4.    Penuhi kebutuhan gizinya.
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, memenuhi kebutuhan gizi menjadi salah satu bagian penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Penuhi gizi dan nutrisi anak sejak si kecil mulai mengkonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Umumnya tiap anak mulai diperkenalkan dengan MPASI ketika menginjak usia 6 bulan dengan pemberian makanan bertekstur lembut terlebih dahulu. Sebaiknya berikan juga makanan yang menunjang kebutuhan vitamin dan nutrisi yang diperlukan untuk anak bertumbuh kembang dengan optimal.
 
Itu tadi beberapa tips mengoptimalkan tumbuh kembang anak pada periode emasnya. Bagi orang tua yang memiliki beberapa kendala pada tumbuh kembang anak, jangan ragu untuk tanya dokter pada anak melalui aplikasi konsultasi dokter online Halodoc. Di aplikasi ini Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli di bidangnya dengan via voice, video call, atau chat live.

Posting Komentar

0 Komentar